Berdirinya Mitsubishi Motor Didunia Otomotif

18.39

Ulasan Sales Mitsubishi 082140973689/08563071990 (hotline) tentang asal muasal dari Mitsubishi Motor.


Perusahaan Mitsubishi-pertama kali didirikan sebagai perusahaan pelayaran oleh Yataro Iwasaki (1834-1885) pada tahun 1870. Pada tahun 1873, namanya diubah menjadi Mitsubishi Shokai. Nama Mitsubishi terdiri dari dua kata: "Mitsu" yang berarti "tiga" dan "hishi" (yang menjadi "bishi" yang berarti di bawah "rendaku") , dan karenanya terdapat tiga buah belah ketupat, yang tecermin dalam logonya yang terkenal. Diartikan pula sebagai "tiga berlian".
Mitsubishi telah didirikan pada tahun 1870, dua tahun setelah Restorasi Meiji, dengan jasa pengiriman sebagai bisnis inti. Hal ini ditandai dengan mulainya pertambangan untuk mendapatkan batu bara yang dibutuhkan untuk kapal, pembuatan kapal dari pemerintah untuk memperbaiki kapal yang digunakan, mendirikan sebuah pabrik besi untuk memasok besi ke pembuatan kapal, memulai bisnis asuransi laut untuk melayani pengiriman, dan sebagainya. Kemudian, sumber daya manajerial dan kemampuan teknologi yang diperoleh melalui pengoperasian kapal yang digunakan untuk memperluas usaha lebih lanjut ke pembuatan pesawat dan peralatan. Demikian pula, pengalamannya dalam hal pelayaran luar negeri mengakibatkan perusahaan ini masuk ke bisnis perdagangan.
Perusahaan ini memulai pertambangan batu bara pada 1881 dengan membeli tambang Takashima dan Pulau Hashima pada tahun 1890, untuk produksi besar bahan bakar armada kapal uap. Perusahaan ini juga melakukan diversifikasi pada pembuatan kapal, perbankan, asuransi, pergudangan, dan perdagangan. Kemudian diversifikasi juga dilakukan ke dalam sektor-sektor seperti kertas, baja, kaca, peralatan listrik, pesawat, minyak, dan real estate. Mitsubishi sebagai perusahaan berbasis luas, memainkan peran penting dalam modernisasi industri Jepang.
Diversifikasi ini akhirnya menghasilkan tiga anak perusahaan. Mitsubishi Bank (sekarang bagian dari Mitsubishi UFJ Financial Group) didirikan pada tahun 1919. Setelah pecah dengan Bank of Tokyo pada tahun 1996, dan UFJ Holdings pada tahun 2004, Mitshubishi menjadi bank terbesar di Jepang. Contoh anak perusahaan Mitsubishi:
  • Mitsubishi Corporation, yang didirikan pada tahun 1950, perusahaan perdagangan terbesar Jepang
  • Mitsubishi Heavy Industries, yang meliputi perusahaan-perusahaan industri alat-alat berat.
  • Mitsubishi Motors, produsen otomotif terbesar ke-6 di Jepang.
  • Mitsubishi Atomic Industry, perusahaan pembangkit listrik tenaga nuklir.
  • Mitsubishi Chemical, perusahaan kimia terbesar di dunia
  • Mitsubishi Powersystems, sebuah perusahaan pembangkit listrik

Mitsubishi Motors adalah salah satu perusahaan Jepang yang memproduksi kendaraan terutama mobil. Perusahaan ini didirikan pada tanggal 22 April 1970 dan merupakan salah satu perusahaan dibawah bendera Mitsubishi Group. Logo Mitsubishi adalah 3 berlian merah dan dibuat oleh pendiri Mitsubishi Motors, Yataro Iwasaki. Markas Mitsubhisi Motors berada di Tokyo, Jepang. Pemegang saham terbesar Mitsubhisi Motors sekarang adalah Takashi Nishioka.
Pabrik Mobil Mitsubishi berada di 7 negara; Jepang, Australia, Belanda, FilipinaThailand, Amerika Serikat, dan Indonesia. Kini Mitsubishi Motors merupakan perusahaan otomotif ke-4 di Jepang dan ke-13 Dunia jika dilihat dari unit penjualan pada tahun 2007.
Sejarah Mitsubishi dalam memproduksi mobil bertolak kembali ke tahun 1937 dimana Mitsubishi Heavy Industries selaku induk Mitsubishi Motors corporation saat itu pertama kali meluncurkan mobil Mitsubishi PX33 dengan teknologi penggerak empat roda yang sekaligus menjadikannya sebuah pabrikan otomotif yang pertama kali meluncurkan kendaraan ber-penggerak empat roda di Jepang.



You Might Also Like

0 komentar